Rabu, 03 Januari 2018

KISI KISI UN SMP 2018

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

1. Bahasa Indonesia SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Pengetahuan dan pemahaman  Mengidentifikasi 

 Menentukan 

 Memaknai Peserta didik dapat 

- menentukan makna kata/kalimat pada teks 

- menentukan informasi tersurat teks 

- menentukan bagian teks Peserta didik dapat 

- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel 

- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel 

- menentukan bagian cerpen dan fabel 


Peserta didik dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat Peserta didik dapat 

- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah 

- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah Peserta didik dapat 

- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan 

- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca Aplikasi 

 Menyimpulkan 

 Menggunakan konsep/prinsip 


Peserta didik dapat 

- menentukan ide pokok teks 

- menyimpulkan isi teks 

- menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks 

- meringkas isi teks Peserta didik dapat 

- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel 

- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel 

- menyimpulkan sebab/akibat konflik 


Peserta didik dapat 

- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks 

- melengkapi paragraf 

- melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain) Peserta didik dapat 

- menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata) 

- mengisi konjungsi dalam kalimat Peserta didik dapat - menggunakan ejaan 

- menggunakan tanda baca Penalaran 

 Mengevaluasi 

 Membandingkan pola (menganalisis) 

 Menanggapi Peserta didik dapat 

- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks Peserta didik dapat 

- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel Peserta didik dapat 

- memvariasikan kata 

- memvariasikan kalimat 

- menulis dengan ilustrasi tertentu 


Peserta didik dapat 

- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf Peserta didik dapat 

- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan 

- memperbaiki kesalahan 


Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 2 Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca 

 Memvariasikan 

- menilai keunggulan/ kelemahan teks 

- mengomentari isi teks 

- membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel 

- menunjukkan bukti latar dan watak 

- mengomentari unsur intrinsik karya sastra 

- mengubah teks ke bentuk lain 

- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf penggunaan tanda baca 

- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca 


Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 3 2. Bahasa Inggris 

– SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan Pengetahuan dan Pemahaman 

 Mengidentifikasi Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial: 

- topik/isu/masalah 

- tujuan/fungsi/pesan 

- latar belakang/alasan 

- akibat/dampak/manfaat 

- sikap/nilai yang diusung 

- peran dan fungsi pembicara/penulis 

- peran dan fungsi pendengar/pembaca 

- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) 

Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: 

- pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama 

- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks 

- plot, alur pikiran 


Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini: 

- persamaan kata 

- word order 

- artikel, demonstrative, possessive pronoun 

- agreement dan number 

- tense 

- passive voice 

- referensi gramatika 

- kata sambung 

- preposisi 

- referensi makna Aplikasi 


 Membandingkan 

 Mengklasifikasi 

 Menjelaskan 


Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspekaspek fungsi sosial: 

- topik/isu/masalah 

- tujuan/fungsi/pesan 

- latar belakang/alasan 

- akibat/dampak/manfaat 

- sikap/nilai yang diusung 

- peran dan fungsi pembicara/penulis 

- peran dan fungsi pendengar/pembaca 

- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) 


Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: 

- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama 

- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi 

- plot, alur pikiran 


Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini: 

- persamaan kata 

- word order 

- artikel, demonstrative, possessive pronoun 

- agreement dan number 

- tense - passive voice 

- referensi gramatika 

- kata sambung 

- preposisi 

- modal 

- kalimat conditional 

- konstruksi derivative 

- referensi makna 


Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 4 Level Kognitif Lingkup Materi Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan Penalaran 

 Menyimpulkan 

 Merinci perbedaan/ persamaan 

 Menganalisis 

Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial: 

- topik/isu/masalah 

- tujuan/fungsi/pesan 

- latar belakang/alasan 

- akibat/dampak/manfaat 

- sikap/nilai yang diusung 

- peran dan fungsi pembicara/penulis 

- peran dan fungsi pendengar/pembaca 

- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) 


Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: 

- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama 

- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi 

- plot, alur pikiran 


Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini: 

- persamaan kata 

- word order 

- artikel, demonstrative, possessive pronoun 

- agreement dan number 

- tense - passive voice 

- referensi gramatika 

- kata sambung 

- preposisi 

- modal 

- kalimat conditional 

- konstruksi derivative 

- kalimat, frasa, ungkapan simpulan 

- referensi makna Keterangan: 

Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks: 

1) Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan) 

2) Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label) 

3) Descriptive, recount, narrative, procedure, report 


Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 5 3. Matematika – SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang Pengetahuan dan Pemahaman 

 Mendeskripsikan 

 Membuat tabulasi 

 Menghitung 

 Memprediksi 

 Menentukan 

 Mengklasifikasi 


Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang: 

- operasi bilangan bulat 

- operasi bilangan pecahan 

- perbandingan - operasi bilangan berpangkat 

- bilangan bentuk akar 

- pola barisan bilangan 

- barisan dan deret 


Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang: 

- bentuk aljabar 

- persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel 

- himpunan 

- relasi atau fungsi 

- persamaan garis lurus 

- sistem persamaan linier dua variabel 


Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang: 

- garis dan sudut 

- segiempat dan segitiga 

- teorema Pythagoras 

- lingkaran 

- bangun ruang sisi datar 

- kesebangunan dan kekongruenan 

- bangun ruang sisi lengkung 


Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang: 

- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran 

- ukuran pemusatan data 

- peluang Aplikasi 

 Mengkonstruksi 

 Menyelesaikan masalah 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: 

- operasi bilangan bulat 

- operasi bilangan pecahan 

- perbandingan 

- operasi bilangan berpangkat 

- aritmetika sosial - pola barisan bilangan 

- barisan dan deret 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: 

- bentuk aljabar 

- persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel 

- himpunan 

- relasi atau fungsi 

- persamaan garis lurus 

- sistem persamaan linier dua variabel 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: 

- segitiga dan segiempat 

- teorema Pythagoras 

- lingkaran 

- bangun ruang 

- kesebangunan dan kekongruenan segitiga 

- bangun ruang sisi lengkung 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: 

- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran 

- ukuran pemusatan data 

- peluang 


Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 6 Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang Penalaran 

 Menafsirkan 

 Menyimpulkan 

 Menginterpretasi 


Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: 

- bilangan bulat 

- bilangan pecahan 

- perbandingan 

- pola barisan bilangan 

- barisan dan deret 

- aritmetika sosial 


Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - bentuk aljabar 

- persamaan linear satu variabel 

- himpunan - relasi atau fungsi 

- persamaan garis lurus 

- sistem persamaan linear dua variabel 

Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: 

- segitiga dan segiempat 

- lingkaran - bangun ruang sisi datar 

- kesebangunan dan kekongruenan 

- bangun ruang sisi lengkung 


Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: 

- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran 

- pemusatan data 

- peluang 


Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 7 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM 4.1 BIOLOGI – SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Pengetahuan dan Pemahaman 

 Mengidentifikasi 

 Mendeskripsikan 

 Mengklasifikasi 

 Menunjukkan 

 Menjelaskan 

 Menentukan 


Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep: 

- gejala alam biotik dan abiotik 

- ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup 

- keragaman pada sistem organisasi kehidupan 

- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan 

- bioteknologi 


Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep: 

- sistem gerak manusia 

- sistem pencernaan manusia 

- sistem peredaran darah manusia 

- sistem pernapasan manusia 

- sistem ekskresi manusia 

- sistem reproduksi manusia 

- jaringan tumbuhan 

- pewarisan sifat Aplikasi 

 Memberi contoh 

 Menyimpulkan 

 Menerapkan 

 Menghubungkan 

 Memprediksi 

 Membandingkan 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: 

- fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu 

- kepadatan populasi manusia 

- pencemaran lingkungan 

- prosedur pengklasifikasian makhluk hidup 

- kelangsungan makhluk hidup 

- pemanfaatan bioteknologi 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: 

- mekanisme sistem gerak manusia 

- mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji makanan 

- mekanisme peredaran darah manusia 

- mekanisme pernapasan manusia 

- menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia 

- kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia - percobaan fotosintesis 

- pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup 

- penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia Penalaran 

 Menganalisis 

 Mensintesis 

 Mengevaluasi 

 Menilai 

Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji: 

- pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan 


Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji: 

- keterkaitan antara sistem organ pada manusia - percobaan fotosintesis 

- pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia 


 Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 8 Level Kognitif Lingkup Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup 

 Mempertimbangkan 

 Menyelesaikan masalah 

 Memberi argumen 

- dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya 

- pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya 


Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 9 4.2. FISIKA - KIMIA - SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Pengukuran, Zat, dan Sifatnya Mekanika dan Tata Surya Gelombang, Listrik, dan Magnet Pengetahuan dan Pemahaman 

 Mengidentifikasi 

 Menyebutkan 

 Menunjukkan 

 Membedakan 

 Mengelompokkan 

 Menjelaskan 


Peserta didik dapat memahami tentang: 

- pengukuran 

- besaran dan satuan 

- konsep zat dan wujudnya 

- zat dan perubahannya 

- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika 

- partikel zat 

- campuran 

- larutan 


Peserta didik dapat memahami tentang: 

- gerak lurus 

- hukum Newton 

- usaha dan energi 

- pesawat sederhana 

- suhu dan kalor 

- tekanan 

- tata surya 


Peserta didik dapat memahami tentang: 

- getaran dan gelombang 

- bunyi 

- cahaya 

- listrik 

- kemagnetan Aplikasi 

 Mengklasifikasi 

 Menginterpretasi 

 Menghitung 

 Mendeskripsikan 

 Memprediksi 

 Mengurutkan 

 Membandingkan 

 Menerapkan 

 Memodifikasi 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - pengukuran 

- konsep zat dan wujudnya 

- zat dan perubahannya 

- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika 

- partikel zat 

- campuran 

- larutan 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: 

- gerak lurus 

- hukum Newton 

- usaha dan energi 

- pesawat sederhana 

- suhu dan kalor 

- tekanan 


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - getaran dan gelombang 

- bunyi 

- cahaya 

- listrik 

- kemagnetan Penalaran 

 Menemukan 

 Menyimpulkan 

 Menggabungkan 

 Menganalisis 

 Menyelesaikan masalah 

 Merumuskan 


Peserta didik dapat bernalar tentang: 

- konsep zat dan wujudnya 

- zat dan perubahannya 

- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika 

- partikel zat 

- campuran 


Peserta didik dapat bernalar tentang: 

- gerak lurus 

- hukum Newton 

- usaha dan energi 

- pesawat sederhana 

- tekanan 

- suhu dan kalor Peserta didik dapat bernalar tentang: 

- getaran dan gelombang 

- bunyi 

- cahaya 

- listrik 

- kemagnetan





SUMBER :http://bsnp-indonesia.org/2017/08/16/kisi-kisi-usbn-dan-un-tahun-pelajaran-20172018/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bakti sosial

Hallo teman-teman nama saya Nanda Kusumadewi, Saya kelas 9 SMP, kali ini saya akan bercerita tentang kegiatan saya Bakti Sosial. Di kesem...