KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018
1. Bahasa Indonesia SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi
Menentukan
Memaknai Peserta didik dapat
- menentukan makna kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi tersurat teks
- menentukan bagian teks Peserta didik dapat
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- menentukan bagian cerpen dan fabel
Peserta didik dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat Peserta didik dapat
- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah Peserta didik dapat
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca Aplikasi
Menyimpulkan
Menggunakan konsep/prinsip
Peserta didik dapat
- menentukan ide pokok teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
- meringkas isi teks Peserta didik dapat
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
Peserta didik dapat
- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- melengkapi paragraf
- melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain) Peserta didik dapat
- menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
- mengisi konjungsi dalam kalimat Peserta didik dapat - menggunakan ejaan
- menggunakan tanda baca Penalaran
Mengevaluasi
Membandingkan pola (menganalisis)
Menanggapi Peserta didik dapat
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks Peserta didik dapat
- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel Peserta didik dapat
- memvariasikan kata
- memvariasikan kalimat
- menulis dengan ilustrasi tertentu
Peserta didik dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf Peserta didik dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 2 Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Memvariasikan
- menilai keunggulan/ kelemahan teks
- mengomentari isi teks
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
- menunjukkan bukti latar dan watak
- mengomentari unsur intrinsik karya sastra
- mengubah teks ke bentuk lain
- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf penggunaan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 3 2. Bahasa Inggris
– SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks
- plot, alur pikiran
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- referensi makna Aplikasi
Membandingkan
Mengklasifikasi
Menjelaskan
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspekaspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi
- plot, alur pikiran
Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive pronoun
- agreement dan number
- tense - passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
- referensi makna
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 4 Level Kognitif Lingkup Materi Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan Penalaran
Menyimpulkan
Merinci perbedaan/ persamaan
Menganalisis
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi
- plot, alur pikiran
Peserta didik dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive pronoun
- agreement dan number
- tense - passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
- kalimat, frasa, ungkapan simpulan
- referensi makna Keterangan:
Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
1) Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan)
2) Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label)
3) Descriptive, recount, narrative, procedure, report
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 5 3. Matematika – SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang Pengetahuan dan Pemahaman
Mendeskripsikan
Membuat tabulasi
Menghitung
Memprediksi
Menentukan
Mengklasifikasi
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan - operasi bilangan berpangkat
- bilangan bentuk akar
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier dua variabel
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
- garis dan sudut
- segiempat dan segitiga
- teorema Pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan kekongruenan
- bangun ruang sisi lengkung
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran
- ukuran pemusatan data
- peluang Aplikasi
Mengkonstruksi
Menyelesaikan masalah
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan
- operasi bilangan berpangkat
- aritmetika sosial - pola barisan bilangan
- barisan dan deret
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier dua variabel
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- segitiga dan segiempat
- teorema Pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang
- kesebangunan dan kekongruenan segitiga
- bangun ruang sisi lengkung
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran
- ukuran pemusatan data
- peluang
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 6 Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang Penalaran
Menafsirkan
Menyimpulkan
Menginterpretasi
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
- bilangan bulat
- bilangan pecahan
- perbandingan
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
- aritmetika sosial
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - bentuk aljabar
- persamaan linear satu variabel
- himpunan - relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linear dua variabel
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
- segitiga dan segiempat
- lingkaran - bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan kekongruenan
- bangun ruang sisi lengkung
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran
- pemusatan data
- peluang
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 7 4. ILMU PENGETAHUAN ALAM 4.1 BIOLOGI – SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi
Mendeskripsikan
Mengklasifikasi
Menunjukkan
Menjelaskan
Menentukan
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:
- gejala alam biotik dan abiotik
- ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
- keragaman pada sistem organisasi kehidupan
- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
- bioteknologi
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:
- sistem gerak manusia
- sistem pencernaan manusia
- sistem peredaran darah manusia
- sistem pernapasan manusia
- sistem ekskresi manusia
- sistem reproduksi manusia
- jaringan tumbuhan
- pewarisan sifat Aplikasi
Memberi contoh
Menyimpulkan
Menerapkan
Menghubungkan
Memprediksi
Membandingkan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu
- kepadatan populasi manusia
- pencemaran lingkungan
- prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
- kelangsungan makhluk hidup
- pemanfaatan bioteknologi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
- mekanisme sistem gerak manusia
- mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji makanan
- mekanisme peredaran darah manusia
- mekanisme pernapasan manusia
- menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia
- kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia - percobaan fotosintesis
- pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup
- penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia Penalaran
Menganalisis
Mensintesis
Mengevaluasi
Menilai
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
- pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
- keterkaitan antara sistem organ pada manusia - percobaan fotosintesis
- pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 8 Level Kognitif Lingkup Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Mempertimbangkan
Menyelesaikan masalah
Memberi argumen
- dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
- pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
Kisi-Kisi UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 | 9 4.2. FISIKA - KIMIA - SMP/MTs Level Kognitif Lingkup Materi Pengukuran, Zat, dan Sifatnya Mekanika dan Tata Surya Gelombang, Listrik, dan Magnet Pengetahuan dan Pemahaman
Mengidentifikasi
Menyebutkan
Menunjukkan
Membedakan
Mengelompokkan
Menjelaskan
Peserta didik dapat memahami tentang:
- pengukuran
- besaran dan satuan
- konsep zat dan wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- campuran
- larutan
Peserta didik dapat memahami tentang:
- gerak lurus
- hukum Newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
- tata surya
Peserta didik dapat memahami tentang:
- getaran dan gelombang
- bunyi
- cahaya
- listrik
- kemagnetan Aplikasi
Mengklasifikasi
Menginterpretasi
Menghitung
Mendeskripsikan
Memprediksi
Mengurutkan
Membandingkan
Menerapkan
Memodifikasi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - pengukuran
- konsep zat dan wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- campuran
- larutan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- gerak lurus
- hukum Newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - getaran dan gelombang
- bunyi
- cahaya
- listrik
- kemagnetan Penalaran
Menemukan
Menyimpulkan
Menggabungkan
Menganalisis
Menyelesaikan masalah
Merumuskan
Peserta didik dapat bernalar tentang:
- konsep zat dan wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- campuran
Peserta didik dapat bernalar tentang:
- gerak lurus
- hukum Newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- tekanan
- suhu dan kalor Peserta didik dapat bernalar tentang:
- getaran dan gelombang
- bunyi
- cahaya
- listrik
- kemagnetan
SUMBER :http://bsnp-indonesia.org/2017/08/16/kisi-kisi-usbn-dan-un-tahun-pelajaran-20172018/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar